Menyediakan Berbagai Jenis Ikan Koi, perlengkapan dan solusi Kolam

Kolam Koi Instan dan moveable


23 Maret 2014

Kolam fiber 2.5cm/60cm dan filter 2 chamberSystem filterisasiPenampakan Kolam fiber

Bagi pemula yang ingin mempunyai Kolam koi dibangun dengan cepat dan tidak pakai ribet, inilah salah satu tipe kolam yang dapat digunakan, saya menyebutnya kolam instan, karena dapat di bangun dalam waktu satu hari. Kelebihan selain waktu pembuatannya juga kolam ini dapat dipindahkan dan mempunyai harga jual di banding jenis kolam yang lain. Kolam ini juga tidak memerlukan lahan yang luas, max ukuran 3x3 M2 dan dapat di tempatkan di lahan yang mempunya permukaan datar, diatas tanah atau lantai semen. Biaya yang di butuhkan untuk membuat kolam ini bervariasi mulai dari 4jutaan untuk ukuran kolam diameter 2.5cm, ini sudah termasuk filter, media, pipa pendukung, pompa air dan airator. Kemahalan? ngak juga karena kolam dan hampir semua perlengkapannya mempunyai nilai jual bekas di pasaran 40-50% dari harga beli. Dibandingkan kolam permanen dan kolam lainnya.

Dibangun menggunakan kolam bundar fiberglass, biasa dikenal dengan sebutan kolam fiber yang tersedia di pasaran dengan ukuran 2.5-3 meter, dan variasi tinggi 60cm-80cm. Filter yang di gunakan 2 sampai 4 chamber dan pompa air 4,500 liter/jam. Setelah di pasang system filter, media filter dan air, dibutuhkan 4-5 hari untuk kolam siap di isi koi. Pemasangan pembuangan air disesuaikan dengan ketinggian air yang di inginkan, minimal 50cm atau dalam contoh kolam yang dimiliki pengelola jatibeningkoi air full sampai bibir kolam. Kolam ini operasikan hampir 4 tahun.

Mungkin dalam benak pembaca akan bertanya, apa ngak loncat ikannya. Triknya adalah, setelah koi dimasukkan kedalam kolam, koi di karantina antara 3-5 hari tergantung ukuran dan pinggir kolam di beri pengaman berupa lembaran fiberglass untuk mencegah jika koi loncat melewati bibir kolam. Dapat juga di pasang jaring pengaman kolam bundar diatasnya selama waktu di butuhkan. Untuk amannya bisa di pasang dalam waktu 1 bulan untuk Koi yang baru di terima dari luar kota dan 1-2 minggu untuk koi

Jika ikan sudah melewati masa stressnya maka kecil kemungkinan koi akan loncat dari kolam. Manajemen air untuk kolam fiber ini sama dengan kolam-kolam koi ukuran kecil lainnya. Kolam yang di miliki jatibeningkoi ini terbuka, selain menggunakan filterasi juga air baru selalu mengucur dari keran air tanah. Air tanah yang di kucurkan sangat kecil sekali jumlahnya sehingga tidak boros air, dan buangan air sebaiknya jatuh ketanah kembali dan bukan ke saluran air. Hal ini dilakukan agar volume air yang sedikit ini tidak perlu di ganti walau dimusim hujan. Jadi kurang penggantian airnya. Kapasitas Koi pun dapat lebih padat karen tidak kuatir mengenai jumlah amonia, nitrit dan nitrate. Dikolam ukuran 2.5m dan tinggi 60cm dapat diisi 10-12 koi ukuran bervariasi 15-30cm.

Kolam fiber ini lebih safe untuk anak balita, karena kolam lebih tinggi dari permukaan tanah, tetapi tentu saja tetap orang tua wajib mengawasi anak balita yang bermain di sekitar kolam. Tentunya dengan ketinggian air dan volume air yang kecil pertumbuhan koi tidak secepat di kolam berukuran berukuran luas.

Untuk pertanyaan dan penjelasan lebih lanjut silahkan hubungi kami.

Salam 'yang penting pelihara koi'.




Baca juga
  » 14 Juni 2021
Penggunaan Garam Pada Kolam Koi atau Ikan Hias
Garam Ikan sudah di kenal lama digunakan untuk pengobatan dan mengatasi beberapa masalah pada ikan hias seperti Koi, Mas Koki dan lain lain. Manfaat Garam Secara umum sebagai berikut :

  » 7 Maret 2018
Beberapa Hal Penyebab Kolam Bermasalah
Berikut beberapa perlakuan terhadap kolam yang dapat menyebabkan masalah pada kolam Koi

  » 9 Mei 2017
Pengobatan Aeronomas, Rusak Sisik dengan Biotik Extra dan Pomate
Berikut cara pengobatan Aeronomas, rusak Sisik dan fin root

  » 6 Maret 2017
Treatment Kolam Baru
Berikut treatment kolam baru setelah penggantian air terakhir

  » 2 Maret 2017
Mengenal Batu Zeolit Untuk Kolam Koi
"Zeolit seharusnya di gunakan hanya sebagai tindakan sementara untuk mengurangi kadar amonia yang mendadak tinggi sampai solusi permanen dapat di temukan di kolam"